Artikel Populer

RAMADHAN CERIA YYM SIDOARJO DIPANDU OLEH MC CERDAS BERLEBIH

Posted by Belajar dan Bermain Matematika

Master of Ceremonies atau MC merupakan orang yang bertindak selaku pemandu sekaligus tuan rumah sebuah acara event atau acara seperti pernikahan, hiburan,  panggung pertunjukan, dan acara-acara sejenis. Biasa dikenal juga sebagai Pembawa acara atau pranatacara. MC membawakan narasi atau informasi dalam suatu kegiatan atau acara ataupun dalam acara televisi, film, dan radio. MC juga bertugas bertugas menyampaikan kata-kata sambutan ( atau welcoming speech), mengenalkan pembicara ( atau introduces speakers) serta menyilakan dan mengalokasikan waktu bagi pengisi acara. Pembawa acara atau MC biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tapi juga biasanya mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.

Keterampilan atau skill utama seorang MC adalah kepiawaian berbicara di depan umum  atau yang biasa dikenal dengan public speaking. Dalam hal tertentu, teknik MC sama juga dengan teknik Public Speaking.

Seorang MC harus mampu sigap, bereaksi cepat, memberikan komentar yang segar dan bijak, menyimpulkan pembicaraan, tetap menjaga mood audiens, dan menyambungkan satu pembicara ke pembicara lain.

MC biasanya memperkenalkan peserta atau pengisi acara yang segera akan tampil mengisi acara, berkomunikasi dengan audiens, dan berusaha menjaga tempo acara agar berlangsung secara kondusif. Bergantung kepada acara yang dibawakan, seorang MC terkadang dituntut dapat membawakan anekdot atau humor serta lelucon.

Ada beberapa tugas pokok Master Of Ceremony (MC) antara lain :

1. Menyambut Hadirin.
Mulailah dengan menyambut para audiens. Ucapkan terima kasih atas kehadiran audiens. Jangan lupa, perkenalkan diri Anda sebagai MC.

2. Sapa Pembicara.
Ucapkan terima kasih kepada para pembicara maupun pengisi acara. Pimpin tepuk tangan buat mereka, dan juga tepuk tangan buat panitia.

3. Kenali Tema.
Kenali serta kuasai tema acara. Perjelas tema acara, nama dan tujuan. Jelaskan juga manfaat menghadiri acara tersebut.

4. Sampaikan Humor.
Cara yang berkesan dalam mengenalkan tema acara adalah mengaitkannya dengan humor yang  masih relevan.

5. Sampaikan Susunan Acara.
Sampaikan susunan acara kepada hadirin mulai dari A – Z acara tersebut.

6. Santai, Rileks!
Berusahalah santai. Siapkan segelas air di dekat anda untuk membasahi kerongkongan.

7. Menutup Acara.
Sampaikan terima kasih kepada hadirin. Sebutkan informasi dan hal-hal penting yang terjadi selama acara berlangsung.

Alhamdulillah acara Ramadhan Ceria berlangsung sangat ceria karena dipandu oleh MC yang cerdas berlebih yakni Kak Suci dan Kak Ayu. Acara yang dihadiri oleh anak yatim dari berbagai panti asuhan yang ada di Sidoarjo berlangsung sangat meriah.

Kak Suci dan Kak Ayu

Kak Suci dan Kak Ayu

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dibuka oleh MC yang Cerdas Berlebih. Acara ramadhan ceria yang berlangsung di sekolah ICM diwarnai dengan lomba tahfidz tingkat SD, SMP dan SMA. Lomba tahfidz tersebut menghasilkan pemenang 3 besar yang akan bertanding kembali.  Selain itu ada beberapa penampilan banjari, pidato bahasa inggris, dll.

Adzan Maghrib berkumandang, acara kemudian dilanjutkan sholat berjamaan lalu berbuka puasa bersama bersama anak yatim dan siswa ICM.  Alhamdulillah...semua susunan acara berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti berkat adanya MC Cerdas Berlebih.

Related Post



Posting Komentar