Artikel Populer

BEGINI CARANYA AGAR BELAJAR MATEMATIKA JADI MENYENANGKAN BAGI ANAK

Posted by Belajar dan Bermain Matematika

Belajar matematika dapat dibilang membosankan  dan rumit untuk beberapa anak. Pelajaran yang diterima anak-anak di sekolah hanya berkutat di buku dan papan tulis saja. Padahal orang tua menyadari bahwa matematika penting sekali untuk membantu anak belajar berpikir secara terstruktur, sistematis, dan logis.

Menurut data Program for International Student Assessment (PISA) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD) yang dirilis pada Desember 2013 lalu mengatakan bahwa kemampuan matematika pelajar Indonesia berada di peringkat 64 dari 65 negara yang di survei. Hal ini tentunya dapat dihindari apabila belajar matematika menjadi asyik dan menyenangkan.

Dikutip dari scholastic, beberapa cara berikut ini dipercaya bisa membuat belajar matematika menjadi menyenangkan :

1. Dadu Berwarna
Dadu tidak hanya dapat digunakan pada permainan ular tangga atau monopoli saja. Dadu juga dapat digunakan untuk belajar matematika. Caranya sangat mudah, pertama Anda harus memiliki dua buah dadu atau lebih. Kemudian Anda hanya perlu melempar dadu tersebut, lalu hitung berapa jumlah mata dadu yang muncul. Apabila anak Anda sudah bersekolah, Anda bisa menggunakan dadu guna belajar perkalian.

2. Perang Kartu
Yang dimaksud dengan perang kartu disini adalah bukan permainan 'gambaran' atau kartu domino. Anda hanya membutuhkan satu set kartu remi untuk melakukan hal ini. Bagilah satu set kartu tersebut secara merata. Apabila hanya bermain dengan anak Anda, Anda akan memiliki masing-masing sebanyak 26 kartu. Kemudian letakkan tumpukan kartu di depan lalu pilih 4 kartu dengan secara acak. Setelah itu, Anda tinggal menjumlahkan kartu yang ada, yang jumlahnya paling besar akan keluar sebagai pemenang. Permainan ini tidak hanya terbatas pada penjumlahan saja, namun juga dapat digunakan untuk belajar pembagian , pengurangan atau perkalian.

3. Matematika Ular Tangga
Ular Tangga merupakan permainan yang umumnya dilakukan oleh anak-anak. Anda dapat sedikit memodifikasinya permainan agar dapat digunakan sebagai sarana belajar matematika. 

4. Kartu Saya Tahu
Ini merupakan cara ampuh guna membantu anak Anda yang sering lupa dalam berhitung perkalian. Kartu ini bisa dibuat dengan mudah dan juga dibuat dalam ukuran apapun. Anda dapat membuat dalam ukuran kecil untuk dibawa anak atau ukuran besar untuk ditempel di kamar.Kartu ini berisi tentang hal yang sudah dipahami oleh anak, namun sering terlupa. 

Related Post



Posting Komentar