Artikel Populer

BELAJAR DARI MURID GENIUS

Posted by Belajar dan Bermain Matematika

Juz’ Amma merupakan juz terakhir dari tiga puluh juz al-Quran. Ciri-ciri utamanya adalah singkat-singkat, dengan bahasa yang mempesona nan indah, sangat menyentuh hati serta mampu menghardiknya yang disertai dengan argumentasi-argumentasi rasional sehingga mampu menyakinkan nalar.

Pada umumnya ayat-ayatnya turun sebelum Nabi SAW hijrah ke Madina. Uraian surat pada Juz ini banyak sekali berkaitan dengan keniscayaan hari kemudian, bahkan perumpamaan tentang apa yang terjadi saat kiamat; surga beserta kenikmatannya dan neraka dengan aneka siksanya. Hal tersebut berulang-ulang diuraikan dari surat ke surat, seperti membangunkan orang yang tidur nyenyak dan tidak sadarkan diri menghadapi bahaya yang mengancam. Inti dari uraian surah-surah dalam Juz Amma  berkaitan dengan akidah, baik menyangkut kebesaran dan keesaan Allah maupun keniscayaan hari kiamat.

Beberapa hari yang lalu saya diminta untuk membantu kegiatan Ramadhan ceria yang ada di sekolah ICM. Sungguh sangat senang sekali, karena saya dapat bertemu dengan murid-murid genius saya dulu yang bersekolah disana. Bersyukur sekali mendapat tawaran tersebut yang tidak bisa saya tolak.
Ternyata Alhamdulillah....Allah mendengan do’a saya. Saya pun bertemu mereka dan ngobrol-ngobrol walau hanya sebentar. Saya mulai bertanya tentang aktivitas mereka dan yang membuat saya takjub bangga adalah mereka hafal semua surat yang ada di juz Amma. Tidak hanya juz Amma saja akan tetapi surat yang ada di juz 1 -  juz 8 mereka pun hafal. Subhanallah....sampai (hampir) meneteskan air mata. Bercermin pada diri sendiri yang kemudian bertanya dalam hati, mereka udah sampai segitu, lha kamu sudah sampai mana ??

Kehadiran mereka membuat saya banyak belajar tentang segala hal. Walau sharing-sharing yang hanya sebentar saja, namun bisa membuat saya mengambil banyak sekali pelajaran yang sangat berharga. Kehadiran mereka juga membuat motivasi tersendiri, tidak hanya ketika sudah bersekolah di ICM namun ketika masih di sanggar pun mereka telah menjadi inspirator buat saya...

Makasih banyak ya dik....Terus gapai cita-citamu

Related Post



Posting Komentar